Seminar National Closing Ceremony ALSA Indonesia Legal Review Competition 2021

ICT ALSA Indonesia

Jan 23, 2022

“Penegakkan Tindak Pidana Pencucian Uang Dengan Modus Investasi Pembelian Aset Tanpa Nama”

Seminar National Closing Ceremony ALSA Indonesia Legal Review Competition 2021 merupakan rangkaian kegiatan penutup untuk program kerja ALSA Indonesia Legal Review Competition 2021. AILRC adalah kompetisi tingkat nasional dalam bentuk Legal Review dengan kemampuan menulis yang dituangkan pada sebuah argumen dan analisis hukum sebagai kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa Fakultas Hukum. Kegiatan ini diadakan tidak hanya bagi seluruh anggota, observer ALSA Indonesia, namun juga terbuka bagi seluruh mahasiswa hukum di Indonesia.

Seminar National Closing Ceremony ALSA Indonesia Legal Review Competition 2021 mengangkat tema “Penegakkan Tindak Pidana Pencucian Uang Dengan Modus Investasi Pembelian Aset Tanpa Nama” yang mana menghadirkan 3 pembicara yang ahli di bidangnya, antara lain, Bapak Pahrur Dalimunthe selaku Managing Partner di DNT Lawyers sekaligus sebagai Partner Juri dalam kegiatan AILRC 2021, lalu Bapak Paku Utama, S.H., LL.M., Ph.D. yang merupakan National Expert Anti Money Laundering & Asset Recovery serta Ibu Ferti Srikandi Sumanthi selaku Koordinator Kelompok Substansi Legislasi pada Direktorat Hukum PPATK.


Seminar National Closing Ceremony ALSA Indonesia Legal Review Competition 2021 ini terbuka untuk umum dan disiarkan secara streaming pada kanal Youtube ALSA Indonesia. Bapak Paku Utama membahas substansi tema dengan judul “Dasar Investigasi TPPU-Asset Recovery: Pembelian Aset dengan Nominee”, Ibu Ferti selaku Koordinator Kelompok Substansi Legislasi pada Direktorat Hukum PPATK membawakan materi dengan judul “Peran PPATK Dalam Melakukan Penelusuran Aset Hasil Tindak Pidana” dan Bapak Pahrur mempresentasikan materi nya dengan judul Perkembangan Modus Investasi Tanpa Nama serta Penegakkan TPPU Menurut Perspektif Lawyers.