Seminar ALA Indonesia Legal Review Competition

UPAYA PENEGAKAN HUKUM PERSAINGAN USAHA DALAM NEGERI DI BALIK PANDEMI

Seminar Nasional ALSA Indonesia Legal Review Competition


ALSA Indonesia Legal Review Competition (AILRC) merupakan salah satu program Academic Writing ALSA National Chapter Indonesia (ALSA Indonesia), dimana AILRC ini adalah kompetisi yang mewadahi kemampuan menulis anggota ALSA Indonesia dan mahasiswa hukum di Indonesia dalam menuangkan argumen dan analisis hukum sebagai kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh mahasiswa hukum. Kompetisi ini bertujuan agar mahasiswa hukum di Indonesia mampu menganalisis dan berusaha mencari jalan keluar dari permasalahan terkait tema yang diangkat.


Pada tahun ini, AILRC mengangkat tema besar “Hukum Persaingan Usaha” dengan tujuan agar mahasiswa hukum di Indonesia mampu menganalisis dan turut serta memberikan kajian komprehensif terkait topik Hukum Persaingan Usaha, sebagai salah satu sektor hukum yang terdampak dari adanya Pandemi Covid-19.


Maka dari itu, untuk mempersiapkan calon peserta dalam mengikuti AILRC 2020, ALSA Indonesia mengadakan Seminar Nasional dengan topik “Upaya Penegakan Hukum Persaingan Usaha Dalam Negeri di Balik Pandemi” melalui media Live Youtube ALSA Indonesia.


Seminar Nasional yang diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus 2020 tersebut dipandu oleh Dyah Ayu Paramita, S.H., LL.M., MCIArb. (Senior Associate di Hogan Lovells DNFP) sebagai moderator seminar dan diisi oleh pembicara yang berasal dari kalangan akademisi maupun praktisi yang giat mendalami bidang hukum persaingan usaha, antara lain: Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait, S.H., M.Li. (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara) dan Albert Boy Situmorang, S.H., S.E., LL.M., M.L.E. (Ketua Bidang Kajian & Penelitian Indonesian Competition Lawyers Association).


Selain 2 (dua) pembicara yang telah disebutkan diatas, Seminar Nasional sebagai Pembukaan Kompetisi AILRC juga diisi oleh I Gusti Agung Made Wardana, S.H., LL.M., Ph.D. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada), yang membawakan materi mengenai “Kiat-Kiat Mempersiapkan dan Melaksanakan Penelitian Hukum”, yang diharapkan dapat menambah wawasan calon peserta AILRC mengenai proses persiapan dan pelaksanaan sebuah penelitian hukum.






Antusiasme peserta dalam Seminar Nasional AILRC tersebut terasa pada sesi tanya jawab. Keaktifan peserta memantik diskusi dengan bertanya bersama ketiga pembicara, membuat suasana diskusi menjadi lebih hidup. Banyaknya masukan topik penulisan yang dipaparkan oleh Pembicara dalam seminar maupun dalam proses diskusi dalam sesi tanya jawab diharapkan dapat menjadi bekal bagi para calon peserta AILRC yang akan berkompetisi, dimana proses pendaftaran AILRC sudah dimulai sejak tanggal 5 September 2020 kemarin dan akan berakhir pada tanggal 18 September 2020.

0 views

Visitation

Secretariat

Faculty of Law 

Universitas Gadjah Mada

Local Chapters

President of ALSA Indonesia

Kab. Sleman, D.I Yogyakarta

Send your input & suggestion

©2020 ASIAN LAW STUDENTS' ASSOCIATION NATIONAL CHAPTER INDONESIA

Organized by Vice President of ICT and Chief Officer of Creative Design. All Logos & Trademarks are the property of their respective holders.

ALSA National Chapter Indonesia is a member of ALSA International.

LOGO ALSA INDONESIA.png