ALSA Indonesia National Training #1

ALSA Indonesia National Training

dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan menanamkan nilai dasar ALSA kepada setiap anggota ALSA Indonesia angkatan 2018 serta membantu mereka untuk mempersiapkan diri sebagai calon pengurus ALSA di waktu yang akan datang. Selain itu juga agar dapat meningkatkan intrapersonal skills yang akan berguna bagi para peserta dan membangun silaturahmi dan kedekatan antar sesama anggota Local Chapter.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan sebanyak 2 (dua) kali melalui platform Zoom Meeting yang akan diikuti oleh 160 peserta dari angkatan 2018 yang merupakan anggota setiap Local Chapter.

Pada hari pertama, dibuka dengan sambutan oleh Presiden ALSA Indonesia 2020-2021 secara simbolis. Lalu peserta diberikan penjelasan mengenai nilai dasar ALSA oleh 2 keynote speaker yang merupakan demisioner National Board ALSA Indonesia, yaitu:


1. Medio Oktovianto Prakoso

Secretary General of ALSA Indonesia 2001-2002

2. Bimo Prasetio

President of ALSA Indonesia 2003-2004

Founder SmartLegal.id dan Partner BP Lawyers





Pembicara menjelaskan mengenai nilai dan bekal apa yang harus disiapkan demi menunjang kesiapan para calon penerus dalam melanjutkan tongkat estafet kepengurusan. Kegiatan ini berbentuk talk show yang dimoderatori oleh Vice President of Internal Affairs ALSA Indonesia 2020-2021. Setelah itu, partisipan dibagi ke dalam 8 (delapan) breakout rooms sesuai dengan bidang yang mereka tertarik atau ingin ditekuni. Dalam breakout rooms ini, partisipan mendapatkan materi dari demisioner National Board ALSA Indonesia dan National Board ALSA Indonesia periode 2020-2021, baik dalam segi hard skills maupun soft skills. Pembicara yang memberikan pemaparan materi secara khusus sesuai bidang atau sub topik yang disediakan adalah sebagai berikut:


1. Kepemimpinan dalam ALSA

Rr. Irdinta Nurhabsari

President of ALSA Indonesia 2014-2015

2. Kesekretariatan

Almira Siti Nadiva

Secretary General of ALSA Indonesia 2016-2017

3. Reformasi sistem keorganisasian

Santun Gunadi

Vice President of Internal Affairs ALSA Indonesia 2015-2016

4. Eksistensi ALSA di mata publik

Natasya Nurul Amalia

Vice President of External Affairs ALSA Indonesia 2015-2016

5. Kapasitas dan kualitas hukum

Marvin Octavdio

Vice President of Academic Activities and Training ALSA Indonesia 2015 - 2016

6. Kemampuan berbahasa inggris dan legal english

Andyka Latief

Vice President of Academic Activities and Finance ALSA Indonesia 2013-2014

7. Tata kelola finansial

Dino Rafiditya Pradana

Vice President of Financial Affairs ALSA Indonesia 2017-2018

8. Visibilitas dan informasi publik ALSA

Bagir Bintang Bahana

Coordinator of ICT ALSA Indonesia 2017-2018

Bentuk pelaksanaan dari breakout rooms ini adalah Focus Group Discussion (“FGD”), demi mendorong para peserta untuk proaktif dalam bertanya, menyampaikan pendapat, serta bertukar informasi.

Pada hari kedua, peserta akan dibagi ke dalam 7 (tujuh) breakout room yang terdiri dari peserta dari berbagai Local Chapter. Setiap breakout room terdiri dari 3 kelompok untuk melakukan Focus Group Discussion. Di dalam FGD, peserta membahas suatu kasus posisi yang dibuat oleh National Board, dimana ini bertujuan untuk melakukan diskusi, berbagi pendapat dan informasi, dan menggapai suatu solusi terhadap permasalahan fiksi yang telah diberikan. FGD dipantau oleh National Board.

Dan diakhir ada pemberian Awarding kepada para peserta terbaik dengan nominasi Best Speaker dan Best Team setiap Chamber.


8 views

Visitation

Secretariat

Faculty of Law 

Universitas Gadjah Mada

President of ALSA Indonesia

Kab. Sleman, D.I Yogyakarta

Local Chapters

Send your input & suggestion

©2020 ASIAN LAW STUDENTS' ASSOCIATION NATIONAL CHAPTER INDONESIA

Organized by Vice President of ICT and Chief Officer of Creative Design. All Logos & Trademarks are the property of their respective holders.

ALSA National Chapter Indonesia is a member of ALSA International.

LOGO ALSA INDONESIA.png