AILRC 2020 : Optimalisasi dan Evaluasi Hukum Persaingan Usaha di Kawasan ASEAN Semasa Pandemi




ALSA Indonesia Legal Review Competition (AILRC) merupakan salah satu program Academic Writing ALSA National Chapter Indonesia (ALSA Indonesia), dimana AILRC ini adalah kompetisi yang mewadahi kemampuan menulis anggota ALSA Indonesia dan mahasiswa hukum di Indonesia dalam menuangkan argumen dan analisis hukum sebagai kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh mahasiswa hukum. Kompetisi ini bertujuan agar mahasiswa hukum di Indonesia mampu menganalisis dan berusaha mencari jalan keluar dari permasalahan terkait tema yang diangkat.


Pada tahun 2020 ini, AILRC mengangkat tema besar “Hukum Persaingan Usaha” dengan tujuan agar mahasiswa hukum di Indonesia mampu menganalisis dan turut serta memberikan kajian komprehensif terkait topik Hukum Persaingan Usaha, sebagai salah satu sektor hukum yang terdampak dari adanya Pandemi Covid-19. Maka dari itu, sebagai penutup rangkaian kegiatan AILRC 2020, ALSA Indonesia mengadakan Closing Seminar dengan topik “Optimalisasi dan Evaluasi Hukum Persaingan Usaha di Kawasan ASEAN Semasa Pandemi” melalui media Zoom Cloud Meeting yang disiarkan secara langsung pula pada Laman Youtube ALSA Indonesia.


Seminar Nasional yang diselenggarakan pada tanggal 16 Desember 2020 tersebut dipandu oleh Devyta Wijaya, S.H., LL.M. (Head of Legal, Compliance & Corporate Secretary at YCAB Foundation) sebagai moderator seminar dan diisi oleh pembicara yang berasal dari kalangan regulator maupun praktisi yang giat mendalami bidang hukum persaingan usaha, antara lain: Looi Teck Kheong (Head of Competition, Consumer Protection, and IPR Division ASEAN Secretariat),Andri Gilang Nugraha (Kasubdit Investasi, UKM, Daya Saing, dan Isu-Isu ASEAN Direktorat Perundingan ASEAN Kementerian Perdagangan Republik Indonesia), dan Abdul Hakim Pasaribu (Direktur Advokasi Persaingan dan Kemitraan Komisi Pengawas Persaingan Usaha).


Seminar Nasional tersebut dihadiri oleh sebanyak 180 peserta yang berasal dari delegasi yang mengikuti kompetisi AILRC beserta dengan supporter tim mereka dan disaksikan oleh sebanyak 240 peserta yang menyaksikan melalui Live Youtube ALSA Indonesia. Antusiasme peserta dalam Closing Seminar AILRC 2020 tersebut terasa pada sesi tanya jawab, dimana keaktifan peserta memantik diskusi dengan bertanya bersama ketiga pembicara, membuat suasana diskusi menjadi lebih hidup.


Setelah sesi tanya jawab, Closing Seminar AILRC 2020 ditutup dengan agenda pengumuman untuk Juara 1, 2, dan 3 AILRC 2020. Sebelum pengumuman dilakukan, beberapa perwakilan Dewan Juri, seperti Bapak Deswin Nur dari KPPU, lalu Bapak Lantiko Suryantama, S.H. dari ICLA, dan Bapak Gustaaf O. Reerink, LL.B., M.A., Ph.D. dari ABNR Counsellors at Law yang saat itu berada di Belanda, memberikan kesan selama menjadi juri dan juga pesan kepada para delegasi yang hadir terhadap minat untuk menulis, khususnya perihal dengan topik hukum persaingan usaha.

Ketegangan para delegasi pun dirasa semakin memuncak ketika para perwakilan Dewan Juri dan juga perwakilan Yayasan ABNR, yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Bapak Herry Nuryanto Kurniawan selaku ketua Yayasan ABNR membacakan nama pemenang untuk masing-masing Juara 1, 2, dan 3 AILRC 2020. Berdasarkan kalkulasi penilaian oleh Dewan Juri, pada malam tersebut diumumkan 3 (tiga) pemenang AILRC, dengan rincian sebagai berikut:

1. Juara 1

Inggito Suryoputro, I Gusti Putu Agung Trisna G.P., Anugrah Wishnumurti (ALSA LC Universitas Gadjah Mada).

2. Juara 2

Julienna Hartono dan Julianda Rosyadi (ALSA LC Universitas Airlangga).

3. Juara 3

Hilwa Az Zahra Adwani, Jehuda Ebenhaezer Winata, Rivaldi Rizqianda Pratama (ALSA LC Universitas Indonesia).


Penyelenggaraan AILRC pada tahun 2020 kemaren telah diikuti oleh 32 (tiga puluh dua) tim yang berasal dari 22 (dua puluh dua) universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Legal Review yang telah dikirimkan oleh peserta serta memenuhi syarat dan ketentuan kemudian di-review dan diberikan penilaian serta komentarnya oleh 2 (dua) Dewan Juri, yakni:

1. Dewan Juri A

a. Gustaaf O. Reerink, LL.B., M.A., Ph.D. (Foreign of Counsel ABNR Counsellors at Law);

b. Ditha Wiradiputra, S.H., M.E. (Dosen Hukum Persaingan Usaha Universitas Indonesia);

c. Dessy Yusniawati (Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Komisi Pengawas Persaingan Usaha).

2. Dewan Juri B

a. Lantiko Suryantama, S.H. (Vice Chairman on Research Division Indonesian Competition Lawyers Association);

b. Dr. Anita Afriana, S.H., M.H. (Dosen Hukum Persaingan Usaha Universitas Padjadjaran);

c. Deswin Nur (Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Komisi Pengawas Persaingan Usaha).


Dengan adanya sesi foto diakhir agenda, telah menandai berakhirnya pula Closing Seminar AILRC 2020 yang juga merupakan penutup dari rangkaian kegiatan AILRC 2020. Sejalan dengan harapan dari para mitra kerjasama, seperti Yayasan ABNR, KPPU, dan ICLA, ALSA Indonesia diharapkan dapat terus mengembangkan program kerja seperti AILRC 2020 ini yang edukatif dan dapat mengembangkan kemampuan akademik para peserta yang mengikuti, dalam hal ini mengenai hukum persaingan usaha, dalam lingkup yang lebih luas dengan menjaring peserta dari universitas yang tersebar di Indonesia.

46 views0 comments